Profile

• February 2012
  • July 2012
  • www.flickr.com
    This is a Flickr badge showing public photos from isye_dewi2000 tagged with kayla. Make your own badge here.
Chat with me

Singapore, February 2012

7:17 PM

Pengalaman Pertama ke Singapore

Sudah lama aku bercita-cita ingin pergi ke singapore. Namun karena keterbatasan waktu dan uang beberapa kali niat itu aku urungkan. Suatu kali Air Asia sedang mengadakan promo besar. Untuk beberapa tujuan (salah satunya singapore) dijual dengan harga murah, namun untuk keberangkatan 6 bulan s/d 2 tahun ke depan. Aku coba mencari-cari tiket murah ke singapore. Akhirnya bisa dapat untuk penerbangan tahun depan (saat itu bulan Januari 2011). Aku dapat harga IDR 479.000 pp.

1 Februari 2012

Hari yang ditunggu2 pun tiba. Dengan bermodalkan informasi seadanya yang aku dapat dari buku traveling dan internet, Aku berangkat dengan penerbangan QZ7784 departure time 14.20. Sebelumnya aku sempatkan foto2 dulu di ruang tunggu terminal 3 bandara soeta (narsis?? teuteup... hehe...)

Sebelum pesawat take of, foto2 lagi.....

Aku tiba di bandar changi singapore pukul 17.00 waktu setempat. Karena aku tidak membawa bagasi jadi bisa langsung menuju antrian imigrasi. Alhamdulillah proses imigrasi lancar. Aku menuju pintu keluar bandara dengan melewati beberapa outlet-outlet duty free. Ada satu outlet coklat the cocoa trees yang ingin sekali aku datangi. Tapi aku pikir lagi lebih baik nanti saja waktu mau kembali ke jakarta.

Sebelum pintu keluar bandara changi, aku sempatkan mampir ke counter "tourist information" guna mendapatkan informasi ttg singpore & daerah2 wisatanya. Aku mengambil beberapa brosur mengenai promo2 wisata singapore dan singapore map. Semuanya bisa kita dapatkan secara gratis.

Aku memutuskan naik taxi menuju hotel yang sudah aku booking melalui kaha tour. kalau boleh aku sarankan lebih baik booking hotel via internet, karena jauh lebih murah dibandingkan memesan hotel via travel agent. Untung cuma satu malam aku pesan hotel melalui kaha tour, malam selanjutnya aku pesan melalui internet.

Dari bandara menuju hotel fragrance roses di balestier road dengan menggunakan standard taxi. Kenapa saya pilih standard taxi? karena menurut informasi dari buku traveling, standard taxi adalah taxi yang paling murah di singapore. Ada 3 jenis taxi, yaitu : standard, premium, dan clasic. Untuk standard taxi biasanya menggunakan jenis mobil toyota crown tahun 80-an namun masih cukup nyaman. Perjalanan dari bandara changi ke hotel kira2 memakan waktu 20 menit by taxi dengan tarif SGD24 (sekitar IDR 171.840,-) kurs saat itu SGD1=IDR 7.160,- Dipikir-pikir sama juga jika saya menuju bandara soeta dari tempat tinggal saya di bekasi. Rencana awal ingin menggunakan MRT dari bandara ke hotel. Tapi pikir2 dengan membawa 2 tas yang lumayan gede cukup merepotkan jika harus turun naik kereta (karena harus beberapa kali transit).

Tiba di hotel kira2 pukul 18.30 waktu singapore (lebih cepat satu jam dari waktu jakarta). Aku disambut cukup ramah oleh receiptionist hotel. Proses administrasi selesai, aku diberi kunci kamar. Untunglah aku dapat kamar di lantai dasar yang tidak jauh dari ruang receiptionist. Jadi kalau ada apa2 mudah meghubungi bagian front office. Kamarnya sangat simple namun bersih. sayangnya tidak ada jendela. Jadi tidak bisa lihat pemandangan di sekitarnya. Aku istirahat sejenak setelah itu membersihkan diri dan keluar hotel untuk jalan-jalan di sekitar balestier road sambil cari makanan yang bisa di santap untuk makan malam.

Ada beberapa restaurant di sekitar hotel. Namun kebanyakan chinese food atau makanan India. Untuk chinese food aku ragu akan ke "halal" annya. Namun untuk makanan india aku tidak suka aromanya yang terlalu berbau rempah2. Untung aku menemukan Mc.Donald & KFC di Balestier plaza tidak jauh dari hotel. Aku memutuskan makanan yang aman saja. Sayangnya tidak tersedia nasi baik di McD maupun di KFC. Jadi aku pilih cheese burger plus kentang. Untuk menghemat, Minum aku bawa sendiri yang sebelumnya aku beli di mini market 7-eleven. Mini market ini tersebar di seluruh penjuru singapore.

Aku mencoba berjalan-jalan ke novena dengan menggunakan bus. Ini untuk pertama kalinya aku naik bis di singapur. Sebelumnya aku duduk2 di halte sambil memperhatikan cara orang2 menaiki bis. Setelah aku melihat dari halte, aku yakin bahwa aku bisa. Dengan modal sebuah ez link card yang aku bawa dari jakarta yang sudah ku isi pulsanya, dengan yakinnya aku masu kedalam bis. Aku tempelkan kartu pada mesin kartu dekat pintu mengikuti orang2. Untung supirnya baik & sabar. Sampai di novena aku diberitahun oleh pak supir bahwa bis sudah sampai novena. Akhirnya aku turun dari bis dan tak lupa menempelkan ez link card kembali di pintu keluar.

Ternyata di novena ada velocity, yaitu pusat perbelanjaan (mall) di novena. Disini ada gerai charles & keith, giordano, Bread Talk, dsb. Dilantai basement ada stasiun MRT. Aku melihat-lihat di dalam stasiun sambil cari-cari informasi mengenai cara menggunakan MRT. Setelah puas melihat-lihat aku memutuskan kembali ke hotel dengan berjalan kaki. Ternyata nyasar haha..... untung ada bapak-bapak di halte yang bisa aku tanya. Ternyata pertigaan ke arah balestier road sudah terlewati. Untung belum jauh, aku tinggal balik arah sampai ketemu lampu merah lalu menyeberang, sampailah di balestier road kembali *pengalaman tak terlupakan :)

22.30 kembali ke hotel. Aku tanya2 mengenai singapore city tour package di front office.
Ada beberapa paket wisata. Aku pilih paket yang paling murah namun banyak tempat2 yang bisa dikunjungi. Paket yang aku pilih seharga SGD32 (sekitar Rp 229.120,-) dengan tujuan : Little India, China Town, Merlion Park, Gem Factory, & Botanic Garden.